Jakarta, 23 Agustus 2023 – PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Hyundai STARGAZER X yang telah diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2023 lalu ke seluruh Indonesia, termasuk melalui pameran Hyundai.
Makin mudah miliki mobil Hyundai impianmu melalui pameran Hyundai selama 23 – 27 Agustus di Bandung, Yogyakarta, Semarang, Medan, Palembang, dan Makassar. Pelanggan dapat melihat dan merasakan secara langsung Hyundai STARGAZER X dan keunggulan fitur yang ditawarkan melalui display khusus STARGAZER X selama pameran berlangsung.
PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) memperkenalkan Hyundai STARGAZER X yang telah diluncurkan pada ajang Gaikindo Indonesia International Autoshow (GIIAS) 2023 lalu ke seluruh Indonesia, termasuk melalui pameran Hyundai di delapan kota untuk memberikan kesempatan bagi para pengunjung dapat melihat dan merasakan secara langsung kendaraan terbaru dari Hyundai, disertai berbagai aktivitas dan promo menarik yang memberikan keleluasaan para pelanggan memiliki unit Hyundai idamannya. Makin mudah miliki mobil impianmu melalui pameran Hyundai selama tanggal 23 – 27 Agustus 2023 di Paskal 23 di Bandung, Ambarukmo Plaza di Yogyakarta, Pollux Mall Paragon di Semarang, Sun Plaza di Medan, Palembang Icon di Palembang, dan Trans Studio Mall di Makassar.
STARGAZER X “Unleash The X in You”
Astrid Ariani Wijana, Head of Marketing Department PT Hyundai Motors Indonesia (HMID) mengatakan, “Hyundai berkomitmen untuk senantiasa menghadirkan yang terbaik dan menjadikan pelanggan fokus utama dalam menghadirkan setiap produk maupun layanan kami. Untuk menjawab kebutuhan konsumen, dengan bangga kami memperkenalkan Hyundai STARGAZER X ke seluruh Indonesia termasuk melalui pameran Hyundai di delapan kota, sebuah kendaraan yang dapat memberikan pengalaman mobilitas yang menyenangkan. Kami harap Hyundai STARGAZER X dapat menjadi teman perjalanan di berbagai situasi dan kondisi, Let’s unleash the X in you bersama STARGAZER X.”
Selain dapat melihat lebih dekat display STARGAZER X yang dihadirkan melalui pameran Hyundai serta merasakan langsung pengalaman berkendara bersama lini unggulan Hyundai***, pengunjung juga dapat berpartisipasi langsung dalam kegiatan Hyundai Challenge, CINTA Hyundai, dan berbagai games interaktif berhadiah lainnya. Pengunjung diajak untuk mengumpulkan poin dari berbagai aktivitas tersebut di area Pameran melalui aplikasi myHyundai. Adapun, poin-poin yang dikumpulkan dapat kemudian ditukarkan dengan berbagai merchandise dari Hyundai.
STARGAZER X dengan Fitur Berkendara Inovatif dan Sistem infotainment Canggih Beri Pengalaman Terdepan
Hyundai STARGAZER X telah diperkaya dengan berbagai fitur yang membuat pengalaman berkendara makin aman dan nyaman. STARGAZER X memungkinkan pengguna untuk menyalakan mesin dengan mudah menggunakan fitur Smart Keyless Entry dan Push Start Button tanpa perlu memutar kunci. Hyundai STARGAZER X juga memudahkan pengguna untuk memarkir kendaraan. Peningkatan dibanding seri sebelumnya, STARGAZER X telah dilengkapi dengan Forward and Reverse Parking Distance Warning (PDW), di mana terdapat sensor yang mampu mendeteksi objek di depan mobil saat sedang parkir. Selain itu, Outside Rear View Mirror STARGAZER X sudah elektrik sehingga bisa dengan mudah disesuaikan oleh pengendara. Jika sudah selesai memarkir kendaraan, fitur Electric Parking Brake dapat memudahkan pengendara saat penguncian atau pelepasan rem.
Pameran Hyundai di Kota Bandung
Untuk semakin meningkatkan pengalaman berkendara, STARGAZER X juga telah dilengkapi dengan Tire Pressure Monitoring System yang mampu memantau kondisi ban agar tetap dalam kondisi prima sehingga dapat mencegah masalah ban selama perjalanan. STARGAZER X juga menggunakan Rear Disc Brake yang memberi performa pengereman yang lebih baik serta lebih tahan panas untuk jangka waktu panjang.
STARGAZER X pun diciptakan dengan fitur entertainment yang berkualitas. Selain TFT LCD Cluster berukuran 4,2 inci, STARGAZER X dilengkapi dengan Touch Display Audio 8 inci dengan USB Multimedia Port, Bluetooth, serta dukungan Wireless Phone Connectivity untuk Android Auto dan Apple Carplay. Ditambah dengan BOSE premium audio system yang dilengkapi dengan 8 speaker* untuk kualitas suara yang immersive dan jernih.
Pengisian daya juga makin mudah dengan STARGAZER X. Pada bagian depan dan baris ketiga mobil, terdapat Power Outlet yang tersedia untuk mengisi daya berbagai perangkat. Lalu, di baris kedua, Hyundai menyediakan 2 USB Charger. Kabar baiknya, STARGAZER X juga telah menyediakan opsi Wireless Charger untuk mendukung pengisian daya tanpa kabel selama perjalanan.
Performa Mesin Tangguh untuk Segala Kondisi Jalan dan Berbagai Aktivitas
Hyundai STARGAZER X menawarkan performa optimal yang menjawab kebutuhan mobilitas di berbagai profil jalan yang menantang di Indonesia. STARGAZER X ditenagai Smartstream G4FIII 1.5 MPI Inline 4 Cylinder DOHC sehingga menghasilkan tenaga dan torsi maksimal masing-masing hingga 115ps/6.300rpm dan 143.8Nm/4.500rpm untuk kinerja mesin yang responsif.
Performa efisien STARGAZER X didukung oleh Intelligent Variable Transmission (IVT). Transmisi ini dijamin meningkatkan efisiensi mesin sehingga lebih irit bahan bakar. Selain itu, IVT juga berbobot lebih ringan dibanding mesin transmisi otomatis konvensional. Agar makin efektif, STARGAZER X juga memiliki fitur Cruise Control, laju mobil tetap stabil tanpa menginjak pedal akselerator berulang-ulang, sehingga memberi kenyamanan lebih saat berkendara di jalan yang lengang.
Empat Drive Mode hadir di STARGAZER X, yaitu Eco, Comfort, Smart, dan Sport. Pengguna bisa leluasa memilih mode sesuai kebutuhan, seperti Eco untuk penggunaan bahan bakar yang lebih efisien, atau Sport untuk akselerasi dan performa yang lebih maksimal.
Fitur Keamanan Andal Hyundai SmartSense
Hyundai menjaga komitmen berkendara worry-free pada STARGAZER X dengan menyematkan fitur keamanan terkini melalui Hyundai SmartSense. Salah satunya adalah Forward Collision-Avoidance Assist (FCA)*, fitur yang dirancang untuk mendeteksi dan memperingatkan pengemudi saat adanya kendaraan dari arah depan. Jika diperlukan, fitur ini akan secara otomatis melakukan pengereman.
Lalu, terdapat juga fitur Driver Attention Warning (DAW)*. Sesuai namanya, fitur ini menganalisis keawasan pengemudi saat mengendarai STARGAZER X. Jika pengemudi terdeteksi tak fokus, maka sistem akan memberi notifikasi untuk rehat sejenak, sehingga mencegah potensi kecelakaan saat berkendara jarak jauh.
STARGAZER X juga dilengkapi dengan fitur Lane Keeping Assist (LKA) dan Lane Following Assist (LFA)*. Dengan LKA, sistem mobil memandu pengemudi tetap di jalur yang tepat dan memberi saran agar tidak keluar jalur. Fitur LFA turut memastikan mobil tetap berada di tengah jalur dengan bantuan kamera depan pada STARGAZER X.
Hadir juga fitur Blind-Spot Collision-Avoidance Assist (BCA)*. Tak perlu khawatir akan titik buta atau blind spot, fitur BCA menggunakan sensor radar untuk mengawasi titik buta di sekitar STARGAZER X sehingga menekan risiko tubrukan dengan kendaraan atau objek lainnya.
Fitur keselamatan lainnya pada STARGAZER X makin sempurna dengan adanya, Rear Cross Traffic Collision Avoidance Assist (RCCA)*, Safe Exit Warning (SEW)*, hingga High Beam Assist (HBA)*.
Hyundai Bluelink
Hyundai Motors Indonesia juga kembali menghadirkan teknologi inovatif, Hyundai Bluelink, sebuah inovasi Connected Car Service yang memungkinkan pengguna untuk selalu terhubung dengan mobil mereka melalui smartphone. Tersedia untuk seluruh varian STARGAZER X, Hyundai Bluelink memberi akses penuh bagi pemilik kendaraan untuk fitur-fitur penting, seperti mengetahui kondisi kendaraan saat ini, menghidupkan/mematikan mesin, mengatur suhu kabin, mengunci/membuka pintu, menyalakan klakson, menyalakan/mematikan lampu, termasuk mengetahui di mana kendaraan diparkir.
Salah satu alasan Hyundai Bluelink dihadirkan adalah untuk meningkatkan pengalaman dalam berkendara yang aman bagi pengguna STARGAZER X, seperti beberapa fitur unggulan dari Bluelink yakni tombol SOS/Emergency Assistance dan Roadside Assistance (RSA). Fitur-fitur unggulan lain dari Hyundai Bluelink meliputi Remote Engine Start/Stop, Climate Control, Remote Door Lock/Unlock, Remote Horn & Light Control, dan mengetahui lokasi parkir mobil melalui Find My Car.
Tampilan Eksterior yang Sporty dan Stylish
Hyundai STARGAZER X mengusung tampilan berkelas dan tangguh yang berbeda dibanding pendahulunya. Kini, STARGAZER X memiliki hood dan bumper yang didesain khusus untuk tampilah yang semakin gagah. Roof Garnish dan Roof Spoiler pada STARGAZER X pun juga didesain berbeda dengan lebih menekankan aspek dinamis dan futuristis pada kendaraan ini.
Eksterior Hyundai STARGAZER X semakin gagah berkat tumpuan roda yang kokoh. Mobil ini dilengkapi dengan Diamond-cut Alloy Wheel 17 inci yang membuatnya tampil lebih stylish. Lebih ringan dibanding steel wheel, roda 17 inci ini memberikan ground clearance yang lebih tinggi sehingga Hyundai STARGAZER X dapat bermanuver lebih lincah demi memastikan pengalaman berkendara yang lebih andal.
Dari segi dimensi kendaraan, STARGAZER X memiliki panjang 4.495 mm, lebar 1.815 mm, tinggi 1.710 mm, dan jarak sumbu roda sepanjang 2,780 mm. Lebih lanjut, ground clearance dari Hyundai STARGAZER X memiliki tinggi 200 mm sehingga andal melalui kontur jalanan yang bergelombang dan berbatu. Dengan begitu, STARGAZER X benar-benar menjadi mobil yang tangguh dan siap menemani perjalanan pengguna ke mana pun tujuannya.
Interior Lapang nan Nyaman Bertabur Kemewahan
Hyundai STARGAZER X mempertahankan DNA lini STARGAZER untuk menawarkan kenyamanan berkendara, terbukti melalui desain interiornya yang lapang. Jok berbahan kain atau kulit sintetis* pada mobil ini dihiasi jahitan berwarna merah untuk memberikan kesan mewah nan berani. Selain itu, STARGAZER X juga menawarkan back seat table* untuk para penumpang di baris kedua.
Untuk memaksimalkan kenyamanan dari interior kendaraan, seluruh varian STARGAZER X menggunakan sistem pendinginan tipe AC Double Blower. Jadi, penumpang di bangku belakang pun dapat menikmati suhu sejuk secara maksimal. Mengingat kemewahan juga menjadi kebanggaan STARGAZER X, mobil ini telah menggunakan panel high glossy pada bagian fascia, audio dan heater control. Selain itu, LED Room Lamps di interior bagian depan dan belakang yang menjadikannya makin futuristis.
STARGAZER X tersedia dalam tipe 7 seater yang memberikan kenyamanan lebih saat bepergian bersama lebih banyak teman dan anggota keluarga, bahkan untuk perjalanan jauh sekalipun. Untuk mempertegas kesan mewah, Hyundai menawarkan pilihan captain seat di tiap tipe STARGAZER X. Keberadaan captain seat dilengkapi dengan armrest yang memungkinkan penumpang di baris kedua untuk menyandarkan tangan serta leluasa mengatur kursi, baik itu maju, mundur, tegak, atau bersandar. Pengguna pun bisa merasakan kenyamanan lebih berkat ruang yang lapang di area kabin yang memberi rasa lega.
Paket Penjualan dan Program Menarik di Pameran Hyundai dan Selama Bulan Agustus 2023:
Dalam beberapa waktu terakhir, konsumen terus menunjukkan minat yang tinggi terhadap lini kendaraan Hyundai, khususnya produk STARGAZER, CRETA, dan IONIQ 5. Memahami hal tersebut, HMID menghadirkan berbagai keuntungan yang bisa dinikmati konsumen untuk setiap pembelian STARGAZER, CRETA dan IONIQ 5 selama periode Agustus 2023. Konsumen berkesempatan mendapatkan benefit sebagai berikut:
* Gratis biaya bahan bakar hingga senilai Rp25.000.000 untuk STARGAZER**, Rp7.500.000 untuk CRETA**, atau
* Trade-in cashback hingga senilai Rp25.000.000 untuk STARGAZER** dan Rp7.500.000 untuk CRETA**, atau
* Program Bunga Murah mulai dari 0% dan Cicilan ringan mulai dari Rp2.500.000/bulan untuk STARGAZER maupun Rp2.800.000/bulan untuk CRETA, atau
* Gratis Asuransi hingga 3 tahun
* Extended 2 Years Free Parts, 3+2 Years/75.000 KM untuk IONIQ 5.
* Lucky Dip berhadiah Voucher Belanja, Samsung Fold, Samsung Tab S dan Samsung Galaxy Buds***
http://dlvr.it/Sv4rfp
Kamis, 24 Agustus 2023
Rabu, 23 Agustus 2023
Hot Wheels Legends Tour 2023, David Sebastian Pemenang
Jakarta, 19 Agustus 2023 – Kemeriahan Hot Wheels Legends Tour 2023 mencapai puncaknya dengan pengumuman pemenang yang merepresentasikan kreativitas dan potensi modifikasi otomotif Indonesia yang unik di Mall Kota Kasablanka pada 19 Agustus 2023. Kompetisi tahun ini tidak hanya menyoroti kemampuan luar biasa para car builder dan car customizer, tetapi juga menegaskan kemampuan Indonesia untuk bersaing di kancah global.
Semangat dan Inspirasi di Balik Kemenangan Jukū
Setelah proses penilaian yang ketat dari para juri; Brendon Vetuskey (Desainer Global Hot Wheels), Galih Laksono (GSpeed Indonesia, SEMA Battle of The Builders, Didiet (dari Bandietoz Garage Kustom), dan Feldani Effendy (Chief-Editor dan Founder Diecast Magazine), David Sebastian dinobatkan menjadi juara Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023. Karya dari David Sebastian menampilkan spirit Hot Wheels yang merayakan autentisitas, originalitas, dan garage spirit-nya.
Modifikasi mobil yang bernama Jukū, selain mencuri perhatian para juri, juga mendapatkan decak kagum dari para pengunjung Hot Wheels Legends Tour 2023. “Hasil modifikasi ini is one of a kind, karena Nissan Juke F15 ini dibangun dengan basis mesin HR15 (bawaan pabrik) dengan konsep race car. Karya yang saya beri nama Jukū terinspirasi dari JGTC (Japan Grand Touring) dan DTM (Deutsche Tourenwagen Masters/German Touring Car Masters),” jelas David Sebastian.
“Kami sangat bangga dan kagum akan tingkat kreativitas dan dedikasi yang ditunjukkan dari para partisipan dalam kompetisi Hot Wheels Legends Tour 2023 Indonesia,” ungkap Brendon Vetuskey, Desainer Global Hot Wheels. “Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023 telah menjadi wadah luar biasa bagi para pecinta Hot Wheels, petrolhead, dan para penikmat modifikasi otomotif Indonesia. Kita bisa melihat semangat dan kreativitas para partisipan Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023, yang mencerminkan tentang apa itu Hot Wheels: merayakan kreativitas dalam dunia otomotif,”
Merayakan Keunikan dan Potensi Industri Otomotif di Indonesia
Selain memberikan pujian mengenai desain mobil pemenang, Brendon Vetuskey juga memuji kreativitas dan potensi Indonesia yang khas di dunia modifikasi otomotif. “Kami melihat lebih dari sekadar kreativitas, orisinalitas, dan garage spirit sebagaimana yang dijelaskan dalam proses penjurian. Aspek lain yang saya pertimbangkan saat mengevaluasi mobil-mobil modifikasi ini adalah sejauh mana perubahan mendasar yang dilakukan pada kendaraan itu sendiri.
Memiliki kesempatan untuk melihat desain-desain dari berbagai negara dari tahun ke tahun, saya kagum dengan hasil modifikasi mobil yang Indonesia berikan. Custom culture di Indonesia sangatlah unik, dengan mengambil kendaraan sehari-hari dan mengubahnya menjadi karya-karya yang memukau dan tak tertandingi. Ide brilian inilah yang membentuk identitas dan ciri khas kancah modifikasi otomotif di Indonesia,” ujar Brendon Vetuskey.
Dunia otomotif Indonesia, khususnya modifikasi mobil, memiliki keunikan, inovasi, dan potensi yang besar, tidak hanya dalam skala nasional namun juga di internasional. Galih Laksono, seorang car builder ternama sekaligus SEMA Battle of The Builders yang ditunjuk sebagai salah juri dalam Hot Wheels Legends Tour 2023 mengatakan, “Menjadi bagian dari juri dalam Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023 adalah suatu kehormatan besar. Saya terkesan dengan level kompetisi di tahun ini dan bersemangat melihat bagaimana para peserta menggabungkan keahlian sekaligus imajinasi mereka dalam merancang dan membangun custom car mereka. Dari sini kita bisa melihat potensi besar dari kancah modifikasi otomotif Indonesia yang terus berkembang setiap tahunnya, dan saya yakin Indonesia mampu bersaing dengan negara-negara lain.”
[Hot Wheels Legends Tour 2023] – Para Juri, Representatif Mattel & Pemenang HWLT 2023Hot Wheels Legends Tour: Komitmen Hot Wheels dalam Budaya Otomotif Indonesia
Kembali digelarnya Hot Wheels Legends Tour Indonesia 2023 merupakan suatu upaya untuk mempererat koneksi antara Hot Wheels dan penggemar lama yang telah setia mendukung, serta menarik peminat baru Hot Wheels. Hal ini merupakan dukungan terhadap budaya modifikasi mobil dan mengukuhkan tekad Hot Wheels dalam mendukung lifestyle, terutama dalam ranah budaya otomotif. Sivarueben Sivalingam, Country Manager, Mattel Indonesia & Export Markets mengungkapkan, “Hot Wheels Legends Tour bukan hanya sebuah kompetisi; ini adalah perayaan seni, desain dan kultur otomotif. Kami merancang gelaran ini bukan hanya semata-mata sebagai wadah bagi para car builders untuk memamerkan karya mereka, namun juga sebagai bukti kehadiran kami bagi para penggemar Hot Wheels dari berbagai tingkat usia.”
Hot Wheels terus memperluas pangsa penggemarnya di berbagai rentang usia dan memperkuat kedudukannya di kalangan para kolektor die-cast. Mulai dari koleksi diecast Hot Wheels terbaru hingga trek yang seru, Toys Kingdom, sebagai mitra ritel Hot Wheels Legends Tour 2023, memainkan peran penting dalam misi ini.
Dukungan ini tidak hanya bertujuan untuk meningkatkan antusiasme penggemar setia Hot Wheels, tetapi juga untuk menyatukan para pecinta Hot Wheels dari berbagai generasi. Keberhasilan David Sebastian sebagai perwakilan dari Indonesia tentunya menyoroti kemampuan negara ini dalam membuat mobil modifikasi yang sejajar dengan standar komunitas otomotif global.
Pemenang Hot Wheels Legends Tour 2023 di Indonesia akan lanjut ke babak kompetisi berikutnya, yaitu Asia Pacific Fan Favorite dan Global Final. Di samping itu, pemenang juga memiliki kesempatan berharga untuk mengabadikan desain modifikasi mobilnya dalam bentuk model die-cast skala 1:64 yang akan diproduksi dan dijual di seluruh dunia.
http://dlvr.it/Sv48dl
http://dlvr.it/Sv48dl
Timnas PSSI U-23 Lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023
Timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal dengan status runner-up terbaik. Thailand sebagai juara Grup A akan melawan timnas U-23 Indonesia.
Sementara Malaysia akan melawan Vietnam. Laga semifinal akan digelar pada 24 Agustus 2023.
Daftar tim yang lolos ke semifinal:
1. Thailand (Juara Grup A)
2. Malaysia (Juara Grup B)
3. Vietnam (Juara Grup C)
4. Indonesia (runner-up terbaik)
Thailand menjadi tim pertama yang lolos ke semifinal Piala AFF U-23 2023. Tim besutan Issara Sritaro menjuarai Grup A sukses mengemas poin sempurna, sembilan.
Pada laga perdana babak penyisihan, Thailand mengalahkan Myanmar dengan skor 3-0.
Setelah itu Thailand mengalahkan Brunei Darussalam juga dengan skor 3-0.
Terakhir mereka menang atas Kamboja dengan skor 2-0.
Sejauh ini Thailand mencatatkan cleansheet.
Malaysia juga memastikan lolos ke semifinal setelah mengalahkan Timor Leste dengan skor 3-1 di PTT Stadium, Selasa (22/8/2023).
Dengan hasil itu Malaysia mengemas poin sempurna enam poin dari dua laga.
Sebelumnya, tim besutan Elavarasan itu menang atas timnas U-23 Indonesia dengan skor 2-1.
Selanjutnya, Vietnam lolos ke semifinal sebagai juara Grup C setelah mengalahkan Filipina dengan skor 1-0 di Rayong Province Stadium, Selasa (22/8/2023).
Sebelumnya, Vietnam mengalahkan Laos dengan skor 4-1 pada laga pertama mereka di Grup C. Kemenangan Vietnam dan Malaysia membantu timnas U-23 Indonesia lolos ke semifinal.
Filipina yang kalah dari Vietnam tentunya tak mampu menggeser timnas U-23 Indonesia di klasemen runner-up terbaik.
http://dlvr.it/Sv3JS1
http://dlvr.it/Sv3JS1
Danny Pomanto Resmikan Pergantian Nama Jalan Cendrawasih Jadi Opu Daeng Risaju
Wartakita.id, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto secara langsung meresmikan pergantian nama Jalan Cendrawasih menjadi Jalan Opu Daeng Siraju.
“Melalui keberkahan Allah SWT, secara rendah hati dan memohon restu masyarakat Luwu Raya, masyarakat Makassar dengan mengucapkan bismillahirrahmanirrahim Jalan Cendrawasih resmi diganti dengan nama Jalan Opu Daeng Risaju” kata Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto pada sela-sela acara di Jalan Opu Daeng Risaju, Selasa, (22/08/2023).
Danny Pomanto menjelaskan alasan utamanya ialah karena sosoknya merupakan pahlawan nasional dua zaman.
Bukan hanya itu, Opu Daeng Risaju juga memberikan inspirasi mengenai isu gender, perjuangan wanita yang saat ini menjadi bagian penting dalam kehidupan dunia.
“Dengan ini kami bangga bisa perkenalkan ke seluruh dunia bahwa kami memiliki pahlawan nasional perempuan,” ujarnya.
Termasuk, pihaknya menyediakan barcode yang tertempel di plang jalan tersebut sehingga generasi muda dapat membacanya.
Pun lorong-lorong yang sebelumnya merupakan Jalan Cendrawasih diganti menjadi Jalan Opu Daeng Risaju.
Selanjutnya, dia mengaku akan menerima usulan nama-nama lainnya, seperti I Gede Agung, Sir Alfred Russel Wallace dan nama lainnya.
Bupati Luwu Basmin Mattayang mengapresiasi setinggi-tingginya kebijakan Danny Pomanto ini.
“Hari ini adinda wali kota melukiskan keindahan di hati masyarakat Luwu, menorehkan sejarah Luwu. Rasa penuh bangga dan haru mewakili keluarga dan warga Luwu kami sampaikan terima kasih atas goresan inisiatif ini,” ucap Basmin.
Sebelumnya, pergantian nama ini berawal dari permintaan Kerukunan Keluarga Luwu Raya (KKLR) Sulsel untuk menjadikan nama pahlawan asal Luwu Opu Daeng Risaju sebagai nama jalan di Makassar, Desember lalu.
Menanggapi hal itu, Danny mengiyakan dengan menjalin komunikasi dengan Ketua DPRD dan menyiapkan kandidat jalan yang digantikan.
Menurut Danny, nama jalan dari nama pahlawan nasional itu penting apalagi pahlawannya dari Sulsel maka wajib diabadikan di Makassar sebagai ibukota Sulsel.
Diketahui, sosok Opu Daeng Risaju ialah pejuang wanita asal Sulsel yang menjadi Pahlawan Nasional Indonesia.
Opu Daeng Risaju memiliki nama kecil Famajjah. Opu Daeng Risaju itu sendiri merupakan gelar kebangsawanan Kerajaan Luwu yang disematkan pada Famajjah yang memang merupakan anggota keluarga bangsawan Luwu.
Selain nama baru ini, ada pula nama lain yang sudah diresmikan. Seperti Jalan Andi Djemma. (*)
http://dlvr.it/Sv2DNM
http://dlvr.it/Sv2DNM
Selasa, 22 Agustus 2023
Danny Pomanto Bertemu Konsuler Jepang Bahas Mitigasi Pesisir dan Transportasi Bawah Tanah
Wartakita.id, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menerima audiensi Kepala Kantor Konsuler Jepang Makassar Ohashi Koichi di kediamannya, Senin, (31/07/2023).
Mereka berbicara banyak hal termasuk konsep mitigasi pesisir Jepang khususnya Kota Yokohama juga transportasi bawah tanahnya.
Danny Pomanto sapaan akrab Ramdhan Pomanto mengatakan pesisir Yokohama menjadi inspirasi reklamasi di Makassar.
Terutama kawasan baru dengan nama Minato Mirai yang merupakan sebuah kota baru dari hasil reklamasi.
“Saya hafal betul kawasan di sana. Itulah yang menginspirasi kami mereklamasi kota Makassar,” kata Danny Pomanto usai bertemu Ohashi, pagi tadi.
Wali kota berlatar pendidikan arsitektur ini bahkan mengaku sudah enam kali ke sana saat belum menjabat sebagai wali kota.
Yokohama, lanjut dia, memiliki mitigasi bencana seperti tsunami juga mitigasi mencegah kenaikan permukaan air laut.
Hal itu juga dikarenakan banyaknya sejarah tsunami yang terjadi di sana. Olehnya kunjungan ini membuka pintu kerja sama lebih jauh untuk belajar di sana.
Di samping itu, Danny juga menuturkan, pihaknya ingin belajar mengenai manajemen perkotaan yang lebih metropolis. Seperti sistem transportasi bawah tanahnya yang terkoneksi langsung dengan Tokyo.
Danny menyebut dirinya sudah bersurat. Di antaranya upaya kerja sama sister city dengan Yokohama. Lalu mempererat hubungan dengan berbagai macam program sebagaimana dahulu.
Pasalnya dalam pengamatannya saat ini, jumlah kerja sama masih kurang. Malahan lebih banyak dengan negara lain.
“Jadi kita berharap Jepang mengambil peran penting dalam banyak hal dengan Kota Makassar,” sebutnya.
Pun dengan program Smart City yang menjadi concern Kota Yokohama.
Ohashi mengatakan Pemerintah Kota Yokohama menganggap Makassar menjadi mitra penting.
Bahkan dirinya sekaligus memberikan undangan pada acara dengan tema Smart City di Yokohama pada November mendatang.
“Pemerintah dan wali kota Yokohama sangat senang jika Pak Wali berkenan hadir di sana,” ungkap Ohashi di sela-sela pertemuan.
Apalagi, dia menjanjikan bahwa Wali Kota Yokohama juga rencananya akan berkunjung ke Makassar.
Dia mengaku siap menjadi jembatan untuk menghubungkan kedua negara. Apalagi memperkuat kolaborasi dalam pendidikan dan kebudayaan seperti pertukaran pelajar. (*)
http://dlvr.it/Sv1VlG
http://dlvr.it/Sv1VlG
Danny Pomanto Tandatangani MoU Layanan Publik Perbankan dengan Bank Mandiri
Wartakita.id, MAKASSAR – Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto melakukan Penandatanganan Nota Kesepakatan Bersama (MoU) antara Pemkot Makassar dengan PT Bank Mandiri (Persero) tentang Penyediaan Solusi Perbankan untuk Layanan Publik di Kota Makassar.
Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto menyambut baik Perjanjian Kerja Sama (PKS) ini. Dirinya mengapresiasi bentuk kolaborasi apik antara Pemkot Makassar dengan institusi perbankan tersebut.
Selanjutnya, dia mengarahkan agar Bank Mandiri dapat berkontribusi dalam penyediaan layanan perbankan terutama di Lorong Wisata hingga di Kontainer Terpadu atau Konter.
Sementara itu, Vice President Bank Mandiri Nunung Andreas Wisnu Prabantoro mengatakan pihaknya mencoba kerja sama dalam layanan perbankan untuk pembayaran pajak dan retribusi daerah.
Dengan sistem ini, kata dia, masyarakat perorangan atau pun perusahaan dapat membayar pajak dan retribusi melalui aplikasi Livin Mandiri juga Kopra.
Hal ini sebagai upaya menambah kenyamanan bertransaksi dan mendapatkan alternatif pembayaran.
“Intinya dalam PKS ini lebih kepada memperkenalkan channel pembayaran seperti Livin dan Kopra. Penggunaannya cukup melalui genggaman dari pembelian, penjualan dan transfer,” kata dia usai acara di Kediaman Wali Kota, Jl Amirullah, Senin, (31/07/2023).
Dia juga menjelaskan adanya produk Mandiri paling baru yakni Livin Merchant. Aplikasi itu mendukung cara pembayaran non tunai dan terintegrasi dengan sistem penjualan kasir atau POS.
Timnya mengaku ingin mengembangkan aplikasi ini ke lorong-lorong wisata sebagaimana arahan wali kota.
“Ini related dengan UMKM di lorong wisata utamanya membantu manajemen barang, pencatatan, dan pengajuan kredit,” ungkapnya.
Pasalnya dengan menggunakan aplikasi ini maka semua transaksi akan tercatat. Hal itu sangat membantu UMKM dalam pembukuan, pembelian, maupun penjualan. (*)
http://dlvr.it/Sv0dFV
http://dlvr.it/Sv0dFV
Senin, 21 Agustus 2023
Ketika Udara Bersih Harus Diperjuangkan
Di sebuah kampung pada zaman dahulu, ada seorang pemuda keasyikan berburu rusa. Ia menerobos jauh hingga ke belantara rimba, tidak sadar telah tersesat sampai hari mulai gelap. Rusa buruannya menghilang, bekas tapak kuda tidak tampak tertutup kabut tebal dan pekat.
Bukan kabut polusi, revolusi industri masih beratus tahun kemudian, belum ada cerobong asap pembangkit listrik, pabrik dan kendaraan bermesin bakar. Asap dari tungku di rumah penduduk untuk memasak dan menghangatkan badan di musim dingin seperti saat ini, volumenya jauh dari mampu menurunkan kualitas udara dari sehat ke berbahaya. Pepohonan mengambil CO2 yang dibawa angin laut untuk bernapas, produksi karbon dari perkampungan manusia terlalu sedikit.
Dalam kepanikan karena hari mulai gelap dan kabut yang semakin tebal, ditambah lolongan serigala yang bersahut-sahutan, pemuda itu mulai ketakutan.
“Aku pasrah, sisa memilih akan mati dengan cara bagaimana, diterkam binatang buas, atau mati kelaparan dan kehausan.”
“Bodoh!” Ringkik kudanya.
“Baru kali ini aku mendengarmu bisa berbicara, dan kata pertamamu memaki bodoh?”
“Karena kebodohanmu dicengkeram pikiran ruwet dengan hal-hal yang belum terjadi, sampai aku terpaksa bicara.”
“Jadi apa saranmu kudaku yang pintar?”
“Kau masih ingat dari arah mana kita datang sebelum masuk ke tengah hutan ini?”
“Tepat di belakang kita, sekarang semuanya tertutup kabut! Pandanganmu dan pandanganku cuma selangkah ke depan, bagaimana bisa pulang ke perkampungan dengan itu?”
“Naiklah ke punggungku, kalau cuma tersedia satu langkah, itu yang kita ambil. Selangkah demi selangkah, selambat apa pun masih lebih baik ketimbang berdiam di sini dengan pikiranmu yang dicengkeram rasa takut yang hanya menawarkan kematian.”
Singkat cerita, akhirnya pemuda itu berhasil pulang ke perkampungan. Setiap satu langkah yang ia ambil bersama kudanya, membuka satu langkah baru berikutnya.
***
Kisah di atas pernah kami baca di sebuah buku yang lupa apa judulnya, dengan sedikit adaptasi dengan kondisi faktual di Jakarta. Penulis buku tersebut, yang maaf kami juga lupa, mencoba memberikan metafora untuk pembacanya yang ‘overthinking’ yang diperparah situasi mencekam dan tidak diharapkan, agar mengambil langkah pertama yang bisa dilakukan dan berada dalam jangkauan.
Metafora yang pas menggambarkan seorang yang terbiasa ‘overthinking’ sedang berada di kota Jakarta, ditambah penyakit asma atau penyakit pernapasan lainnya, sedang memandang video pantauan satelit di atas langit kota Jakarta dan sekitarnya. Juga pas dengan situasi-situasi tidak ideal kami sehari-hari untuk menulis dengan tenang, tetapi fokus kami menyelesaikan tulisan dan berbagi, distorsi tidak sepenting apa yang ingin kami sampaikan.
Melalui pantauan situs vestusky.com, lewat tengah malam, kadar PM 2,5 lebih pekat dalam udara di langit Jakarta. Polutan kategori PM 2,5 yang berukuran lebih kecil dari sel darah merah berasal dari cerobong industri atau pembangkit listrik berbahan bakar batu bara, kayu dan BBM, dan gas buang kendaraan bermotor berbahan bakar minyak, termasuk kereta api dan kapal laut yang bermesin diesel.
Kami yang pernah merasakan lengangnya jalan tol dan non-tol di Jakarta di atas pukul 12 malam, sebelum PPKM Covid-19, berkesimpulan penyumbang polusi di malam hari, bukan kendaran bermotor. Sumbangan polusi dari kendaraan bermotor di jalan raya nanti pukul 5 subuh sampai tengah malam.
Situasi makin rumit, mengharap hujan datang meluruhkan debu polusi saat El Nino nyaris mustahil. ‘Hujan Bulan Juni’ yang sanggup membuat Sapardi melahirkan puisi ikonik telah berlalu. Modifikasi cuaca dengan bibit awan tipis, arah angin dan kelembaban yang tidak sesuai, membesarkan bibit awan hujan peluangnya menjadi sangat kecil.
Kalau merujuk metafora pemuda yang hilang di tengah hutan, bergerak satu langkah ke depan bukan solusi jangka pendek atau menengah, tetapi hasil ‘breakdown’ dari visi jauh ke depan, yaitu kembali pulang ke rumahnya.
Seperti sebelum ia menyadari jarak pandangnya hanya selangkah, pemuda tersebut lebih dahulu melakukan observasi, mengalihkan pikiran dan perasaannya dari kecemasan dan ketakutan pada hal-hal yang belum terjadi, ke upaya menemukan petunjuk ke arah solusi. Atau mengumpulkan data sebelum diolah menjadi informasi, kalau dalam bahasa konkrit.
Keputusan perlakukan work from home (WFH) untuk aparatur sipil negara di lingkup pemda DKI sudah pernah dilakukan saat PPKM Covid-19. Asumsi: ASN yang diwajibkan WFH 75% dari 52.100 orang (Data bkddki.jakarta.go.id) atau 39.075 orang semuanya naik kendaraan pribadi berbahan bakar minyak.
Data dari Kompas.com – 02/03/2022, turunnya jumlah kendaraan tidak memperbaiki (kadar) polusi PM2.5 di Jabodetabek,” ujar Data Scientist Nafas Indonesia, Prabu Setyaji dalam webinar NAFAS Air Quality Report 2021. Kemudian, didapatkan pula peningkatan polusi udara untuk PM2.5 di Jabodetabek menambah sebanyak 12 persen selama masa PPKM. Bahkan di beberapa wilayah kadar PM2.5 juga mengalami kenaikan, misalnya di Kelapa Gading naik 21 persen, Kuningan naik 17 persen, Bekasi Selatan naik 24 persen, dan Bogor bagian barat naik sekitar 33 persen.
Padahal, menurut Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) tahun 2021, emisi kendaraan bermotor berkontribusi sebesar 70 persen terhadap pencemaran nitrogen oksida (NOx), karbon monoksida (CO), sulfur dioksida (SO2) dan partikulat (PM) di wilayah perkotaan. Namun kenyataannya, kata Prabu, PPKM di Jakarta dan sekitarnya tidak menurunkan kadar polusi PM2.5 secara signifikan. “Itu artinya mungkin ada sumber-sumber (polusi udara PM2.5) yang lain yang lebih besar dari 70 persen yang dikatakan berasal dari mobilitas kendaraan bermotor,” jelas Piotr.
Riset terbaru mengungkapkan, pengurangan mobilitas masyarakat, dengan rendahnya penggunaan kendaraan di jalan raya selama pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), tidak berpengaruh signifikan terhadap kualitas udara, maupun kadar polusi udara di Jabodetabek. Hal itu disampaikan Chief of Growth Officer Nafas Indonesia, Piotr Jakubowski. Piotr berkata berdasarkan riset yang dilakukan bersama Katadata Insight Center (KIC), serta Komunitas Bicara Udara menunjukkan kualitas udara di wilayah tersebut pada saat PPKM relatif sama, terutama pada kadar polusi PM2.5.
Namun, sekecil apa pun pengaruh WFH yang mengurangi mobilitas kendaraan bermotor berbahan bakar minyak, sudah bisa dianggap satu langkah kecil pertama. Langkah berikutnya, tetap fokus pada visi akhir udara Jakarta layak hirup. Pengembangannya mungkin dengan menerapkan wajib bersepeda bagi ASN dan pekerja swasta yang tinggal di radius tertentu dari tempat kerjanya.
Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mencatat wilayah Ibu Kota 2011 dihuni oleh sekitar 9,6 juta jiwa pada malam hari. Jumlahnya membengkak menjadi 12 juta jiwa pada siang hari karena ada tambahan komuter. “Daya tampung penduduk Jakarta sudah overload,” kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil DKI Jakarta Purba Hutapea saat dihubungi kemarin. Dengan pertumbuhan pertahun 1.45% (Data metro.tempo.co Sabtu, 10 September 2011)
Purba mengatakan Jakarta hanya sanggup menampung 12,5 juta jiwa sesuai dengan Rencana Umum Tata Ruang DKI Jakarta 2011-2030. “Itu kalkulasi sampai 2030. Bayangkan kalau sekarang saja sudah 12 juta jiwa,” ujarnya.
Purba mencatat angka urbanisasi masih cukup tinggi meski trennya terus turun. Pada 2010, sebanyak 59.215 pendatang baru menyesaki Jakarta pasca-Lebaran–turun dari tahun sebelumnya yang 69.554 jiwa. Pada 2008, jumlah pendatang baru tercatat mencapai 88.473 jiwa. Tahun ini diperkirakan jumlahnya sekitar 50 ribu jiwa.
Langkah kedua, populasi sebesar itu jika dipandang sebagai potensi solusi, bukan potensi masalah, banyak perubahan yang bisa dilakukan. Katakanlah populasi Jakarta di malam hari tahun 2023 tetap 9,6 juta jiwa, 20% atau 1.920.000 orang di antaranya mau menanam satu dari tiga jenis pohon penyerap karbon polusi terbesar, yaitu:
* Trembesi (Samanea saman) 28.488,39 kg karbon pertahun, jika 1.920.000 orang menanam masing-masing 1 pohon Trembesi, maka tahun depan panen karbon dari udara sebanyak 54.697.708.800 kilogram
* Cassia (Cassia sp) 5.295,47 kg karbon pertahun, jika 1.920.000 orang menanam masing-masing 1 pohon Cassia, maka tahun depan panen karbon dari udara sebanyak 10.167.302.400 kilogram
* Kenanga (Cananguim odoratum) 756,59 kg karbon pertahun, jika 1.920.000 orang menanam masing-masing 1 pohon Kenanga, maka tahun depan panen karbon dari udara sebanyak 1,452,652,800 kilogram
Kemudian, langkah ketiga menerapkan metode filtrasi pada asap-asap buangan industri dan pembangkit listrik. Contoh metodenya DIPO ISO-FILTER karya empat mahasiswa D3 Teknik Elektro Universitas Diponegoro tersebut merancang sebuah inovasi alat penyaring asap pabrik yang terdiri dari 5 tahap penyaringan meliputi filter udara, filter basah (wet filter), pengendap gravitasi, pengendap elektro statis, dan pengendap siklon. Mengurangi emisi gas buang pada pembakaran di pabrik dengan memanfaatkan dan mengoptimalkan fungsi dari kelima tahap penyaringan sehingga memperoleh hasil yang signifikan dalam pengurangan polutan asap pabrik industri. Diperkirakan sekitar 60% pengurangan emisi gas buang akibat pembakaran di pabrik dapat tereduksi secara efisien.
Memaksa industri dan pembangkit agar memperbaiki standar pembuangan asapnya sesuai aturan tentu bukan perkara mudah. Hubungan antara pengusaha dan penguasa adalah hubungan simbiosis mutualisme yang (semoga) tidak mengorbankan kesehatan masyarakat banyak.
Kalaupun masyarakat banyak dianggap beban karena harus menambah investasi berupa filtrasi, jangan lupa, masyarakat yang menjadi korban itu juga pangsa pasar dari produk yang mereka produksi dengan menghasilkan polusi udara. Pilih pasar habis karena sakit atau menambah investasi? Lupakan subsidi untuk pengusaha, yang disubsidi itu asuhan atau masyarakat yang masih dan kian ringkih, bukan pengusaha yang kata dasarnya ‘usaha’.
Langkah keempat, baru terlihat setelah langkah 1, 2, dan 3 diambil.
http://dlvr.it/Stxtgb
http://dlvr.it/Stxtgb
Langganan:
Postingan (Atom)